park shin hye

park shin hye

Jumat, 29 Juli 2011

suka duka hidup numpang saudara

Ini hanya cerita suka duka tentang hidupku selama di rumah sodara selama kerja praktek. Sebenernya aku sendiri gak mau kerja praktek disini tapi karena ibuku yang meminta dan bapaku yang masih di penjara akhirnya aku turuti semua mau ibuku. disini suka duka aku lalu semua selama satu setengah bulan aku hidup bersama dengan keluarga baru ini.

suka:
1.biaya hidup udah di tanggung dari tidur, makan dan keperluan lainya.
2.di kantor tempat aku kerja praktek ada uang transportnya.
3.disini aku dapet sepatu gratis dari pabrik.
4.gak perlu ngeluarin uang sepeserpun

duka:
1.namanya hidup numpang pas bangun kesiangan malunya minta ampun pa lagi sampe di sindir segala.
2.gak ada kebebasan sama sekali
3.internet kantor lemot
4.harus jadi pribadi yang disiplin rajin bangun pagi bantu bantu.
5.selalu mengalah daripada ntar di usir gak di tampung lagi
6.kalo di sindir nerima aja terus sampe tekanan batin
7.selalu telat masuk kerja karena bareng ma sodara berangkatnya

semua hal ini sudah aku perkirakan semua. kalo gak karena ibuku yang titip aku disini aku gak bakal mau tinggal disini meskipun sodara. rasanya harga diri ku di injek injek. tapi tak apalah ini aku anggap sebagai pelajaran hidup dan pengalaman. jika suatu saat nanti aku jadi orang besar aku di titipi anak teman aku gak bakal perlakukan dia seperti yang aku alami saat ini. buat yang punya pengalaman sama saling share dong.. nyesek nih rasanya..

63 komentar:

  1. hahahhahaha ada yah.. orang senasib dengan saya.. lega rasanya..
    cuma cerita mas bro mendingan... lebih parahan saya..
    kalo mas nggk sependeritaan saya gk bakal nyeritain ..cuma kesahabat terdeket doang
    begini ceritanya
    saya tinggal didepok di jl.pinang.. saya 2 bersaudara..
    dijl.pinang ini banyak rumah sodara saya .
    keadaan keluarga saya waktu itu ayah saya dan ibu saya bercerai selagi saya kelas 2 sd, saya dan abang tiggal dengan ayah...
    pas saya kelas 1 smp ayah saya nikah lagi dengan janda rongsok yang kismin dan tak tau diri..
    baiknya diawal doang.. pas kesononya parah..
    dengan alasan rumah mau direnopasi , karna gk muat akan kehadiran orang baru, saya dan abang untuk sementara disuruh numpang dirumah bibi agak kedalam jl.pinang..
    tapi yang tinggal dirumah bibi itu anaknya.yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak.

    BalasHapus
  2. umurnya hanya 5 tahun dibawah ayah saya.
    jadilah saya tinggal dengan keluarga baru..
    memang diawal enak - enak aja..tapi lama2 agak risih.
    setiap hari saya selalu disuruh bantu rumah tangga. padahal saya sudah menjalankan kewajiban saya yaitu setiap pagi nyapu rumah,ngepel,dan nyapu halaman..
    ditambah saya harus mencuci baju saya sendiri karena ibu tiri saya gk mau nyuciin
    itu saja lumayan berat untuk saya yang kelas 2 smp..
    sedangkan abang saya disore hari nyapu dan ngepel saja.. padahal saya kalo makan selalu dirumah ayah sayab hanya sekali2 saja saya makan disitu..
    kalo pulang sekolah telat saya selalu disindir oleh istrinya
    '' dari mana lo jam segini baru pulang..orang mah nyadar, bantu2 ke''
    nah ini sindiran pertama.. agak sakit tuh batin saya..
    entah kenapa rumah saya sudah selesai direnovasi tapi tidak membuatkan kamar untuk saya dan abang saya.. ini karna dipengaruhi oleh istrinya yg memang gk seneng saya tinggal serumah. ...ancur perasaan ini,....

    jadilah saya menetap dirumah bibi
    makin lama saya tinggal makin berani memarahi saya..
    kejadian yang bikin saya sangat malu adalah.. ketika saya waktu itu pulang sekolah bersama teman geng untuk mengganti baju dulu lalu berangkat lg belajar kelompok dirumah salah satu geng ..
    namun baru saya mau berangkat saya sudah dibentak, diomelin,
    '' mau kemana lo, disini banyak kerjaan, gk boleh kemana2 ,..maen mulu', lo tinggal dimana2 bakalan gk idup lo..'' didepan teman2 saya.. membuat batin saya..menangis
    . sedih bercampur bingung.. mau kemana saya mengadu.. ayah saya enak2kan berdua disono tinggal.. semenjak kawin lagi saya jarang diperhatikan..

    apalagi waktu itu ayah saya terlibat konflik dengan sepupu saya itu..
    saya menjadi bulan2nan..
    '' mending pada pergi lo sono.. nyusain aja..''

    hancur berkeping sudah.. mengiris denyut nadi...

    karna tak terima perlakuan kasar, saya bilang ke bibi saya satu lagi tentang keadaan saya..
    karna bibi saya terihat sangat sayang dengan saya dia buru2 menyuruh saya membawa barang2 saya dari sanadan tinggal kerumahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedih aku baca koment ttg mslh kamu....sepertinya senasib kita orang numpang dan dr keluarga broken home.....sabarlah...kita sebagai manusia ...dan jangan berhenti berharap sama Allah...kalau kebahagiaan pasti akan datang pada akhirnya ...amiiinn

      Hapus
    2. ini pengalaman saya, waktu usia 12 th org tua saya bercerai. karena masuk SMP saya mennumpang dirumah nenek. Dirumah nenek itu terdapat paman dan istrinya, beserta kakak perempuan ibu saya yg belum menikah. sebelum saya memutuskan untuk benar ikut nenek, mereka semua sangat baik. namun lambat laun, ungkapan yg dilontarkan mereka sangat mengiris-iris hati saya. mereka awalnya diam, namun sekali ngomong bener2 membuat hati saya hancur. kadang saya suka sedih, mengapa hidup saya berbeda dengan anak paman dan bibi saya. mungkin saya suka dan terlihat cemburu. dan akhirnya setelah belasan tahun saya pun keluar dari rumah itu dengan tinggal bersama ibu saya dirumah mungil kami, namun lebih baik tinggal diirumah jelek atau tidak layak sekalipun ketimbang menumpang. mau makan susah, mau minum ga enak. hehehehe

      dan kondisinya paman dan istri mengalami kebangkrutan, namun ia selalu mengira kalau saya karena bekerja pasti memiliki banyak uang. uang yg saya miliki tidaklah banyak, sebentar lagi saya menikah. dari gerak-geriknya selalu ada ingin alasan untuk meminjam uang dari saya. rasanya serba salah sekali, mungkinkah beliau ingin saya balas budi ? padahal kondisinya saya belum mapan benar. yg terdekat saya akan menikah, ya tuhannnnnnnn

      Hapus
    3. Hmm berrarti cerita kita numpang tempat sodara.pada dasar nya sam ya..awal nya baik tapi diujung2 nya sakit dan menyedihkan..tekanan batin

      Hapus
    4. Hmm berrarti cerita kita numpang tempat sodara.pada dasar nya sam ya..awal nya baik tapi diujung2 nya sakit dan menyedihkan..tekanan batin

      Hapus
    5. Betul bgt harus kuat mental

      Hapus
  3. Sama seperti yg gw rasain
    Yg nama'y numpang emg ga enak
    Tp ya itu setidaknya buat pelajaran
    Kalo ada yg numpang di rmh kita,ga boleh memperlakukan hal yg prnh kita trima
    Pokoke sabarr bosss

    BalasHapus
  4. Mari ambil hikmahnya dan berdoa.
    pasti banyak pelajaran dan pengalaman yg sangat berguna.
    JBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. JBU
      aku skrg juga ngrasain itu..

      Hapus
    2. Wajah saya juga nihh,semua udah saya kerjain tp,tetap aja ada yang salah bagi mereka

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. iya memang begitu kalo tinggal dengan saudara ada rasa yang ga enaknya tapi itu sih tergantung dari saudaranya kadang ada yang baik ataupun sebaliknya, yah mau gimana lagi kalo memang sudah nasib hidup kita seperti itu. Ehmm yah kita boleh jadikanhal tersebut jadi sesuatu pelajaran pengalaman yang pernah kita alami tapi ambil sisi positifnya kalo kita menemukan seperti itu di keadaaan kehidupan kita jangan memberikan contoh perilaku seperti itu untuk saudara-saudara kita nanti

    BalasHapus
  7. Dasar orang numpang! Gak tau diri! Gue salah satu orang yg di rumah gue ada orang numpang! Makin lama, tuh orang numpang makin disayang ama ortu gue! Gue udah benar2 udah gak bahagia tinggal dirumah gue krn tuh orang numpang. Dia udah hampir 3 tahun ngancurin keluarga gue. Taiii. Kalo numpang mikir2 dong. Padahal ortunya punya duit utk kosin anaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Haha pasti ni orang sempit bgt pikirannya kasian bgt lo, pantes dia lebih di sayang lah elonya busuk

      Hapus
    3. Haha pasti ni orang sempit bgt pikirannya kasian bgt lo, pantes dia lebih di sayang lah elonya busuk

      Hapus
    4. Haha pasti ni orang sempit bgt pikirannya kasian bgt lo, pantes dia lebih di sayang lah elonya busuk

      Hapus
  8. Saya dari kampung cari kerja di Jakarta. Sejak awal numpang saya bertekad tidak akan lama numpang harus segera mandiri cari kos sendiri, panatang diriku jadi parasit meski di rumah saudara di Jakarta. Saat masih numpang saya suka bantu-bantu nyapu, ngepel, memasak, cuci piring & mengajar anak sepupu saya (keponakan) yang masih SD. Saya numpang cuma sebulan lalu kos sendiri...

    BalasHapus
  9. Ketika sudah dapat kos sendiri saya menjalin hubungan baik dengan saudara tempat saya numpang dulu dg silaturahim ke sana & bawa oleh-oleh serta kasih uang ke anak sepupu saya (keponakan).... Saya pantang menjadi orang yang KACANG LUPA KULITNYA....

    BalasHapus
  10. Itu kejadian beberapa tahun yang lalu saat saya menumpang saya berusaha tahu diri, berusaha tidak merepotkan, tidak menyusahkan, tidak menjadi parasit, tidak menyebalkan tuan rumah ...!!!!! Namun saat ini justru ada keponakan laki-laki umur 24 tahun yg numpang sudah tiga tahun kelakuannya sangat merepotkan: seenaknya sendiri: sesukanya , gak mau bantu-bantu, suka pulang malam gedor-gedor pintu saat jam 10 malam, jam 2 malam, dll kelkuan parasit yg snagat merepotkan...!!!!! Gimana caranya keponakan tsb agar pindah kos dengan kesadaran sendiri, tanpa diusir ???????????????

    BalasHapus
  11. Bener sekali agan2 kehidupan menumpang emang gak enak . Saya aja tinggal ama ortu dan adik laki . Ortu saya suka nya ngadu domba, adek laki gak tau aturan . Pdhl saya dan suami gak segan2 pinjemin mereka duit untuk putaran usaha . itu aja masih gak dianggap di rmh , diplengosin melulu pas pulg ke rmh, aturan dibuat seenaknya sendiri dan kalo gak mau ngikuti diusir

    saya mah hanya bisa bersabar dan berdoa supaya Tuhan memberikan pelajaran yang berharga terutama buat adek saya . Sakit rasanya dimaki2 adek sendiri padahal dia loh juga yang belum punya rumah . Rumah masih atas nama ortu dan ortu masih idup

    Saya juga mengambil hikmahnya saja semoga kalo besok saya trima orang untuk menumpang di rumah saya , saya tidak bersikap seperti itu

    Saya bisa jadi berkat buat orang yang menumpang dan dia bisa menjadi berkat buat orang lain juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah menumpang, waktu itu listrik konslet terus karena kapasitas daya listrik nya kurang memadai. namun nasib menumpang, kabel AC kamar saya di potong oleh paman saya. padahal itu AC yg beli ibu saya. namun terima nasib saja. namanya menumpang itu banyak sedihnya.

      Hapus
  12. Memang ga ada enaknya sama sekali hidup numpang , jauh lebih indah hidup dengan keluarga kandung, ibu bapak saya meninggal waktu saya kls 3 sma, selepas itu saya tinggal di rmh tante saya sampai sekarang kuliah semester4. Rasanya ingin sekali cari kerja dan punya penghasilan sendiri lalu tinggal dirumah sendiri , malah anaknya nyebelin banget lagi aaaah kesal sekali saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang km pasti sudah lulus kuliyahb dan sudah bekerja, semuga sudah bahagia

      Hapus
  13. Apa yang kau alami, sama persis yg aku alami. Cuma bedanya, aku masih kuliah

    BalasHapus
  14. Nasib kita sama tapi ,lebih parah saya deh kyak ny 😂 saya tinggal bersama kkak sppu tp ngersa kyk org lain jgn kn skdar bcanda ngbrol pun jarang al hasil kamar tmpt trnymn d rumah itu ,kpngen ngekos tp ga tau gimana alasan ny kalo saya ngekos,ada yg bisa bntu ga cri alasan yg sopan n tidk mnyinggung prasaan mreka ,sok atug berbagi cerita 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih Kak Ayu Fitriyana, kok sama banget sih nasib kita. Aku baru 5 bulan disini tapi rasanya udah gak betah banget. Pengen ngekos juga bingung cari alasan nya apa huhuhu T_T

      Hapus
    2. duh sama nih aku juga gitu,,,udah 5 tahun malah,,,

      Hapus
    3. sama bgt sama aku pengen kos tapi bingung alasannya apa padahal saya mampu ngekos, saya udah 8 tahun tinggal sama paman n bibi, dari kuliyah sampai sekarng sudah kerja,, sedih dahhh

      Hapus
    4. nasib kita sama nih gan mana saya anak kuliahan (daring). jadi ya kuliahnya dirumah orang😅 mau nugas segan, mau bantu2 jg takut ga nympe deadline

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. apalagi gue dititipin terus dari gue usia 3 tahun...awal2 dirumah nenek...skrg rumah nenek dah dijual kesuami bibi aku ( anak nenek yg bungsu)...trus bibi aku nikah ma orglain yg notabene jd paman....dia orgnya pendiam banget jadi semua org segan kalau maunngomong sama dia....apalgi skrg bibi aku udah ga ada...duhh makin deh rasa ga enaknya itu menimbun...pengen aku ngekost....dan pernah ngekost...tp ibu aku kebereratan karena dia kerja duitnya ga ckup....pokoknya selain banyak bersabar....mau apalagi

    BalasHapus
  17. apalagi gue dititipin terus dari gue usia 3 tahun...awal2 dirumah nenek...skrg rumah nenek dah dijual kesuami bibi aku ( anak nenek yg bungsu)...trus bibi aku nikah ma orglain yg notabene jd paman....dia orgnya pendiam banget jadi semua org segan kalau maunngomong sama dia....apalgi skrg bibi aku udah ga ada...duhh makin deh rasa ga enaknya itu menimbun...pengen aku ngekost....dan pernah ngekost...tp ibu aku kebereratan karena dia kerja duitnya ga ckup....pokoknya selain banyak bersabar....mau apalagi
    ....awalnya aku suka bantu2....tp karena ada uwa aku yg ikut numpang juga....dan uwa aku tuh orgnya suka ngatur2...kalau aku beres2 ini selalu salah sampai akhirnya aku jadi males karena ga pernah ada benernya....trus paman aku tuh orgnya rada cunihin dalam arti suka ngintip .....makanya aku kalau paman pulang kerumah....aku suka kunci diri.....banyak dukanya kalau hidup numpang itu.....sukanya bisa berteduh dan makan gratis......sudahlah...hidup memang perih kalau lahir dari keluarga yangbbroken home dan memiliki saudara-saudara lainnya yang ada saat butuhnya ....dan mau bantu disaat keadaan terpaksa...miris ...makanya cuma bisa bersabar dan banyak2in bersyukur......

    BalasHapus
  18. Aku tinggal sama nenek sejak masih bayi, ibu dan ayahku merantau ke malaysia sampai sekarang aku berumur 16 tahun. Sekarangibu dan ayahku sudah bercerai, ayahku begitu egois dan kasar,ia suka memulkuli ibuku.. aku sangat rindu sama ibuku.. dirumah nenek aku sering di marah dan di bentak.. mereka mau mereka selalu benar..aku ingin tinggal bersama ibuku,namun orang dirumah nenek ku selalumengatakan tinggal disqna tidak enak..aku sngat sedih, mereka selalu menceritakan kelakuanku yang melawan,bagaimana tidak, akau sering melihat bibi,oom ku membentak nenek ku,dari situ aku sering melawan ,,aku ingin merubahnya sikapku...tapimereka tidak pernah mengerti aku..semoga Allah membantuku untuk melewati semua cobaan ini dan bisa berkumpul bersama ibuku.. Aminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesih bgt, sama mba mama aku juga di malysia :'(

      Hapus
    2. Sesih bgt, sama mba mama aku juga di malysia :'(

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Haha tak kira cuma gua doang yang ngerasain numpang dirumah orang, sebenernya gua gak mau numpang disini walaupun ditempat sodara tapi apalah daya kalo orang tua yang meminta begitu Haha sedih gua.. mau ngapa-ngapain gak bebas buat gerak aja rasanya berat banget nyesek rasanya apalagi pas lagi disindir huu rasanya kaya disayat sayat pake silet

    BalasHapus
  21. Kita semua punya pngalaman masing2 tuk tnggl dirmah saudara,sbelum saya di bali setahun ini tnggl dgn saudara ,sya jg smpat tnggl 3 bulan dgn saudara...
    Kmbali lg saat skrg ini sudh setahun saya krja dan tnnggl dgn saudara ,dari sumatera dan berawal dari niat tuk bkrja di bali ya alhasil menemukan pkrjaan tp lum mampu tuk tnggl sendiri,tpi dalam ekt dekat saya punya tekad tuk tnggl mandiri krna pahit manisnya tnggl dgn saudara kt sudh tahu semua,smoga Tuhan senantiasa memberi kita kesabaran....

    BalasHapus
  22. Kita semua punya pngalaman masing2 tuk tnggl dirmah saudara,sbelum saya di bali setahun ini tnggl dgn saudara ,sya jg smpat tnggl 3 bulan dgn saudara...
    Kmbali lg saat skrg ini sudh setahun saya krja dan tnnggl dgn saudara ,dari sumatera dan berawal dari niat tuk bkrja di bali ya alhasil menemukan pkrjaan tp lum mampu tuk tnggl sendiri,tpi dalam ekt dekat saya punya tekad tuk tnggl mandiri krna pahit manisnya tnggl dgn saudara kt sudh tahu semua,smoga Tuhan senantiasa memberi kita kesabaran....

    BalasHapus
  23. gubuk juga rumah sendiri lebih nyaman

    BalasHapus
  24. saya juga pernah mengalami seperti itu. Jadi saya cuma numpang di rumah bibi 5 hari urusin pekerjaan. Gue udh bantuin dong cuci piring kyk pembantu. Tp sok2 dilarang dah. Mau ngepel ama jemur baju aja ga boleh malah gue diomelin. Gw mau bayar gak mau. Ya udah gw ga bayar. Eehh ga brapa lama Keluarga gue (bibi gue agak segan sama gue) denger tuh katamya jangan bilang gue kalo dia keberatan bgt kemaren gw numpang rumah dia. And dia wanti2 jangan gue sampe nginep di rumah dia lagi. What? Alasannya ktny gue malem2 tidur di sofa ruang tamu dia. Dia bilang gue gak sopan. muna bgt dah dia. Bukan mau ngingkit, padahal itu rumah dulu pas dia bangun utang ratusan juta sama bokap gue. Dia juga ngerebut suami orang sampe nenek gue dikatain germo sama istrinya tuh laki demi duit karena dia kere. Skrng udah kaya aja sombong. Tajir aja hasil ngerampok suami orang. Sok2 bawa nama Tuhan munafik abis. Gw jg sbnernya kmrn smpet mau inep hotel aja cuma disuruh nyokap nginep di rumah dia. Ya udh gue sih santai aja. Mgkin gue emang ga boleh deket2 dan nginep lagi di rumah perebut suami orang yang munafik. Seenggaknya gue ga sopan tapi gak separah dia ngerebut suami orang demi harta, makan uang haram. Disumpahin orang.

    BalasHapus
  25. Sama hal nya dengan saya. Saya itu sudah berapa kali tinggal di rumah keluarga. Tp kenapa saya terjebak utk kesekian kalinya, Apalagi ini keluarga jauh
    Jd ceritanya begini, dulu saya pernah resign dari tempat saya bekerja. Padahal saya dulu udah enak, karena saya bekerja di sebuah perusahaan bumn
    Nah terakhir saya merantau ke jakarta dan saya pun langsung cari kos kosan. Saya jg gak lama sudah dapat pekerjaan baru di jakarta. 8 bulan lamanya saya tinggal di tempat kos, tp sialnya sy justru di pecat
    Nah, kebetulan saya punya om seorang pengusaha
    Saya pun bekerja di tempatnya bahkan saya tinggal dirumahnya. Dirumah itu ada om saya, keponakan, tante sama nenek saya(alias bukan keluarga kandung)
    Awalnya pasti enak. Tp akhirnya sama mengecewakan utk ke sekian kali yg aku udah jalani
    Saya merasakan tekanan batin dua kali lipat. Pertama karena saya tinggal dirumahnya dan yg kedua saya bekerja di perusahaan anaknya
    Jd seakan2 saya gak bisa bicara dan merasa sepele melihat saya, bayangkan berapa org yg harus saya jaga dengan beda2 karakter
    Bahkan sering kalau ngomong menyepelekan saya dan menganggap saya gak bisa apa2
    Nah suatu waktu cewek saya ngajak saya menikah
    Bahkan kedua org tua setuju, sampai dikasih utk mengelolah usahanya.
    Dan cewek saya pun gak setuju klu saya bekerja di tempat om saya karena saya sudah menceritakan yg sebenarnya
    Sementara saya merasa byk utang budi sama om saya
    Padahal saya mengalami tekanan batin dan tidak ada kenyamanan hidup
    Om saya ingin saya tetap bekerja disana dan mereka pun menghitung apa yg sudah mereka perbuat
    Jd seakan2 saya pun gak bisa melangkah.
    Karena saya bisa disuruh kemana2 tanpa memikirkan saya yg sudah capek bekerja
    Tp satu hal yg perlu yg menjadi motivasi saya
    Bahwa saya harus hidup sesuai keinginan saya dan bisa berkembang dgn apa yg saya harapkan
    Buat apa hidup di dalam tekanan walaupun materi yg kita dapat lumayan, apalagi jika materi pas pasan
    Jd intinya sebaik apapun sodara kita itu tetap lah bukan org tua kandung kita. Dan hidup itu indah jika kita merasanya nyaman
    apalagi di tempat kerja kita sudah penuh panggung sandiwara, dirumah jg sama halnya
    Mau dimana lg kita dapat kenyamanan
    Yg ada kita makin kurus, capek pikiran, capek semuanya
    Memang ada positifnya tapi lebih cenderung ke negatifnya
    mungkin Itu memang sudah hukum alam
    Heheheh

    BalasHapus
  26. Saya juga mengalami hal yang sama dengan teman semua,bahkan lebih kejam
    Saya asli orang medan,saya dulunya tinggal bersama orang tua saya di kota siantar,tapi ibu saya meninggal sejak umur saya 5 tahun dan saya punya 2 orang adik,semenjak ibu meninggal adikku berdua tinggal sama nenek,dan saya ikut sama tante,2 bulan saya tinggal sama tante,dan selalu di gangguin sama anaknya,setelah itu sqya di jemput nenek untuk tinggal bareng sama adik saya,bapak saya udah merantua ke Jakarta,jadi intinya yg merawat kami saat itu nenek,pas saya kelas 4 SD,bapak nikah,dan mereka memutuskan tinggal di Medan,bisa dikatakan kami bertiga nga dapat kasih sayang dari orang tua,kecuali nenek
    Tapi untungnya ibu tiri saya baik
    Pas saya sudah lulus SD saya dibawa sama sodara ke Manado ini adalah om dari bapak saya,mau di sekolahin,1 bulan kehidupan saya baik2 aja,kemudian istrinya mungkin ada kelainan jiwa,kenapa saya bilang ada kelainan jiwa,karna saya sering diperlakukan bukan seperti manusia,dimanado saya tidak punya siapa2 kecuali mreka,istrinya sengaja pecat pemabntunya,dan dia bilang mulai skrang saya yg gantiin,bayangin aja,saya yg masih dudk di kls 1 smp,saya harus masak,nyuci,nyetrika,nyapu,ngepel,blom lagi kalau anaknya rewel saya daruh jagain,yg paling parahnya dan nga bisa saya lupain saya dsruh ngeluarin biji cabe pake tangan,buat dibikin bumbu,kebayang kan gimana panas dan perihnya tangan saya,setiap hari terlambat sekolah,bahkan saya sampe diberhentikan sekolah selama 1 bulan,baju dan tas saya dibakar di depan saya,kejam bngat,membekas,blom lagi kalau saya dipukulin pokoknya saya selalu jadi bulan bulanan,tapi om saya nga bisa belain saya,saya juga nga ngerti knapa,padahal om saya itu pejabat Imigrasi,masa dia nga bisa atur istrinya
    Setelah 1 bulan kumudia saya di sekolahkan lagi,om saya beli tas,dan masih make seragam yg belum semua terbakar,karna waktu itu dibelinya 3 pasang,suatu waktu saya pukang sekolah,saya diomelin istrinya,kok baru pulang kamu nga tau diri keturunan iblis kamu,karna saya sudah tidak tahan hampir setahun hidup saya tertekan trus,saya waktu itu nekat melawan,saya bilang sama dia saya memang baru pulang ada tambahan pelajaran,dan dia langsung nampar saya dan ambil barang saya,lalu dilempar kluar pagar saya di usir😨,waktu itu sqya tidak tau harus pergi kemana,seingat saya dulu nga jauh dari rumah itu ada orang batak,mungkin saya bisa numpang kesana,saya sempat ditangkap polisi karna saya bolak balik di lorong buat mau pergi kerumah orang batak itu tapi saya blom brani masuk,sehingga waktu itu polisi introgasi saya,setelah saya ceritakan,saya di antar krumah orang batak itu,dan syukurnya mereka kenal sama om saya,saya tinggal dstu 3 hari
    Saya nga dicariin sama om dan tante meski sudah 3 hari,akhirnya orang batak yg saya tumpangi itu ngasih tau kalau saya ada drumah mereka,dan besoknya saya dijemput,sqya pikir akan lbh baik,ternyata makin parah,istri dari om saya ngancam kalau saya masih tinggal drumah itu,dia akan jadi mayat di tangan saya,dan om saya takut karna dia akan berangkat tugas ke makassar beberap hari,akhirnya saya di titipkan drumah orang batak yang sempat say tinggal 3 hari
    Dan semenjak saat itu,saya tinggal bersama mereka,saya tidak tau menau dengan om san tante saya,dan kluarga baruku baik sama saya,meski kadang sodara2 nya yg lain nga suka liat saya,saya tinggal bersama mereka selama 11 tahun,tiap hari saya bantu2,dan waktu itu sampe lulus smk mereka juga yg biayai,dan pas masuk kuliah saya kerja sambil kuliah,dan syukur saya bisa sarjana,dan akhir april yg lalu saya datang ke jakrta,numpang tinggal sama klurga juga,rencananya mau cari kerja,tapi baru satu bulan tinggal dsni saya juga udah mengalami tekanan batin,mereka selalu marah2 dan suka menyepelkan saya,saya sidah berniat kos,tapi maslahnya saya blom dapat kerja

    BalasHapus
  27. saya juga mengalami. terkadang rasanya ingin kabur .. berawal dari ayah saya yang aku pikir ayah yg sangat bodoh . yg punya prinsip berharap ditolong tante. saat lulus sekolah smk ditawari ikut kerja diinstansi tmpt om kerja. saya berterima kasih sekali . namun dibalik itu ada pamrih yg hrs saya tebus. yaitu harus bersih2 rumah dan ngerjain apa yg pmbantu lakukan. tidak hanya satu rumh tpi 2 .3. 4 rumah .. dan rumh yg lbh dri satu lntai. ketika pergi main wajarlah mungkin anak umur 20 thn kebawah pngn kumpul dg teman teman. dalam seminggu sekali dua kali pergi itu mereka beranggapan aku suka pergi main ..lalu mereka laporan ke orang tua ku .. pernah satu omongan yang bikin sakit hati "kamu itu main terus . ngapain malam minggu malam mingguan. kaya orang kaya saja. ingat kamu itu dri keluarga apa" .pdhl aku kalau main cuma 2 jam saja.. pernah jg saat pakaian ku aku taruh di rak kamar mandi ya agak banyak . krna blm smpat nyuci . itu dibuang ditempat sampah sama om . terkadang aku mirus dan jdi tekanan batin . kerap kali nangis . sejahat segalaknya mamah gak pernah aku diperlakukan seperti ini.mereka siapa mamah yg bersihin kotoranku dri kcil sampe mndiri gk pernah kaya gitu. saat aku mengadu ke mamah papah. mamah yg bisa ngerti. tapi papah lbh beka keluarga om.. apa2 kerjaan rumah kbnykn aku yg ngerjain . dari nebang pohon. bersihin kolam .beberin atap . bersih2 ..pernh juga saya melihara kucing .krna aku pngn punya teman dan hiburan.memang agak bau tpi ya aku bersihin kok. tpi malah om bilang keistrinya "anak itu bandel. dia itu siapa . brni2 nya nantang aku" pas saya turun . dia berkata yg berintikan saya diusir . aku jg org nya tdk pmls saya tau saya harus bersih2 rmh . aku sakit gk brni ngeluh .. keluarga om soal baik emang baik mw ngasih tumpngn n kerjaan. tpi disisilain itu serasa seperti hutang. jadi aku punya maindset JANGAN PERNAH BERGANTUNG DAN BERHARAP PERTOLINGAN DARI ORANG LAIN ,KARENA TOLONG PUN BISA MENJADI HUTANG MESKI ITU KELUARGA SENDIRI

    BalasHapus
  28. dan derita ini masih saya alami ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang mengharukan:) aku kira hanya aku yg mengalami sprti ini, tekanan batin yg dialami mulai dri perkataan nya yg sampai skrg membekas dan gk akan mungkin hilang. aneh si juga si pdhl tinggal sma kk perempuan sendiri kk kandung bahkan. gatau kenapa emg mungkin ada HAL yg dia gasuka dri aku. Bingung bgt pulang kerja cape, kadang mikir sexih juga si tidur di kasur lipat dan gapunya kamar. klo lgi tidur pulng krja jam 12 dan bangun jam 5 karena suami nya jam 5 tuh udh kerja, masa iya aku yg tidur diruang tamu dan itu kelewatan bolak balik sma mereka,masa iya aku tidur mulu dan yaudd bangun yaampun mata super cape lelah

      jujur emg jarang bantu² sih, karna emg ga kepake bgt tp ya gppa si yaudah bodo amat malah alahmdulillah
      kadang mikir emg ini bisa kerja berkat suaminya. tpi sumpah yg namanya tinggl d rmh sodara ga enak kalian harus ngerasain klo misalkan ada yg bilang "enak y tinggl d rumah sodara" haha itu si wajib ngerasain dulu

      dri mulai makan aja itu ada rasa malu soalnya kan sttus kita udh kerja, krna emg sulit juga mau dikasi uang buat bantu² beli beras dan lain² tpi ttp gmau krna mungkin malu ya. tpi anjing aing lebih malu

      y pkonya msii banyak cerita!!

      Hapus
  29. Aku numpang tmtp saudara buat cari kerja, pngen kos aja tp gak enak ngmgnya... Krn tdk bebas

    BalasHapus
  30. Bilang saja kepengen hidup mandiri....pengen lbh dekat Dari tempat kerja...pny teman lama yg ngajak lost...

    BalasHapus
  31. Ya ga enak, dan diinjek2 sampe ga bentuk. Tapi akhir2 ini tante dan pamanku sudah berubah, cuman mbak itu di rumah kaya gitu, Dia kadang datang ke rumah, cuman ya si mbak yang gitu, dia marah2 ga jelas dan ketika diajak cari jalan tengah ga mau. Pokoknya semua standar dia...

    BalasHapus
  32. Ak baru mulai nih nmpang sodara gimana cara ngatasi kebosananku

    BalasHapus
  33. ternyata ada yg senasib dengan ku

    BalasHapus
  34. Tinggal numpang di rumah kakak sepupu bikin aku stress, mau keluar gk enak, mau mkn susah, minum juga sama. Serba gk enak dan banyak aturannya. Diawal saja enak kebelakang mah parah. Sabarin aja kali ya, semoga Ida Sang Hyang Widhi memberikan kebahagiaan setelah ini.

    BalasHapus
  35. Tinggal dirumah saudarah ,pengen teriak kalau lagi sendiri trus tiba -2 keingat semua perlakuannx, hati serasa dicabik-2,,, bahkan air mata pun ikut menetes saking sakit hati...

    BalasHapus
  36. Tinggal di rumah sodara itu rasaaa sangat memuakan awal sieh enak lama kelamaan ngebatin keluar sifat aslinyaa ...

    Ingin rasa cepet pindah biar bisa jadi diri sndri

    BalasHapus
  37. aku juga hidup numpang di rumah saudara,, tapi nyesek ketika selalu di curigai bakalan nyolong duit si tuan rumah

    BalasHapus